GAMES? YES or NO?


.

Kamu suka main beberapa game di bawah ini?



Tapi tahukah kamu bahwa game memberi dampak yang tidak selalu bagus?
Di sini, kita akan bahas apa saja dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari bermain game.

DAMPAK POSITIF :
  • Meningkatkan kreativitas anak. 
Dengan bermain game, anak bisa kerkreasi untuk menyelesaikan masalah ataupun membuat avatarnya dalam game tersebut. Sebut saja pada game The Sims. Di sini, gamer diajak untuk memilih penampilan Sims yang mereka buat. Gamer juga diberikan kebebasan untuk membeli tanah dan membangun rumah untuk Sims mereka sesuai kemauan. Sehingga gamer bisa berkreasi untuk memadupadankan pakaian Sims, membuat bentuk rumah, memilih perabotan, dan lain-lain.


  • Menghilangkan stress.
Ini adalah alasan klasik seorang gamer untuk bermain game sepanjang hari. Memang dengan bermain game, seseorang dapat merasa santai dan bisa melupakan sejenak masalah-masalah yang sedang dihadapi. Asalkan tidak sampai melupakan selamanya, hal itu masih wajar.


  • Mengasah kecerdasan otak.
Biasanya, orang menganggap game adalah hal yang buruk bagi otak. Padahal, banyak juga game-game yang membutuhkan kecerdasan kita untuk menyelesaikannya. Termasuk juga game perang. Memang yang tampak membutuhkan kecerdasan adalah game-game misteri dan online riddle game. Tetapi game perang juga membutuhkan kecerdasan kita untuk membuat strategi supaya tidak tertembak lawan atau membuat jalan untuk kabur.

 
  • Mempelajari bahasa asing.
Game misteri atau mencari barang-barang tersembunyi, biasanya ada adalam bahasa Inggris. Maka dari itu, kita mau tidak mau harus membuka kamus untuk mengerti arti dari kata-kata tersebut dan menemukannya. Dengan begitu, kita bisa menambah kosakata bahasa Inggris kita. 


DAMPAK NEGATIF
  • Membuat ketagihan.
Banyak sekali anak-anak sekolah yang nongkrong di warnet seharian hanya demi bermain game. Mereka tentu menghabiskan banyak uang hanya untuk bermain. Hal ini disebabkan karena mereka sudah ketagihan game dan merasa tidak enak jika tidak bermain game sepanjang hari. Bahkan kasus ketagihan ini menyebabkan banyak korban meninggal. Karena mereka lupa makan, lupa minum, juga lupa istirahat.


  • Terlalu larut dalam imajinasi.
Kebanyakan hardcore gamer yang sudah ketagihan akut, sangat tenggelam dalam dunia gamenya. Bahkan mereka sudah tidak bisa lagi membedakan mana dunia game, mana dunia nyata. Mereka bisa saja merampok toko bahkan membunuh orang. 

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari game. Jadi, kita harus pintar-pintar untuk memilih game yang bisa mencerdaskan tapi juga bisa untuk melepas stress.  :)

Post a Comment